by Biodas Fabio Unsoed on Thursday, December 15, 2011 at 6:11pm
Konsep Hereditas II: Genetika Mendel; Biologi Molekuler Gen
1. Mahasiswa mampu menerangkan hukum segregasi dan hukum independent assortment
2. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana expresi fenotif pada heterozigot berbeda dari complete dominance, incomplete dominance, dan codominance
3. Mahasiswa mampu mendefinisikan dan memberi contoh pleiotropy dan epistasis
4. Mahasiswa mampu mendeskripsikan struktur DNA
5. Mahasiswa mampu mendeskripsikan proses replikasi DNA
6. Mahasiswa mampu mendeskripsikan kerja dari DNA polymerase, DNA ligase, primer, primase, helicase, topoisomerase, dan single-strand binding proteins
7. Mahasiswa mampu mendeskripsikan pengemasan kromosom
QUIZ ONLINE: AKTIF (http://quizstar.4teachers.org/)
Konsep Hereditas III: Ekspresi Gen
1. Mahasiswa mampu menerangkan aliran informasi dari gen menuju protein
2. Mahasiswa mampu membandingkan transkripsi dan translasi pada prokariot dan eukariot secara umum
3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan transkripsi menggunakan terminologi mRNA, RNA polimerase, promoter, terminator, unit transkipsi, inisiasi, elongasi, terminasi dan intron
4. Mahasiswa mampu mendeskripsikan translasi menggunakan terminologi tRNA, ribosom, ribosom, inisiasi, elongasi, dan terminasi
5. Mahasiswa mampu menerangkan dua tipe dasar point mutations
QUIZ ONLINE: INAKTIF (http://quizstar.4teachers.org/)
Konsep Hereditas IV: Pengaturan Expresi Gen
1. Mahasiswa mampu menerangkan konsep operon
2. Mahasiswa mampu menerangkan pengaturan expresi gen dalam modifikasi kromatin
3. Mahasiswa mampu menerangkan pengaturan expresi gen dalam transkripsi
4. Mahasiswa mampu menerangkan pengaturan expresi gen dalam pemrosesan DNA
5. Mahasiswa mampu menerangkan pengaturan expresi gen dalam transkripsi pemrosesan dan degradasi protein
6. Mahasiswa mampu menerangkan pengaturan expresi gen dalam degradasi mRNA
QUIZ ONLINE: INAKTIF (http://quizstar.4teachers.org/)
Konsep Hereditas V: Bioteknologi, Genom Manusia
1. Mahasiswa mampu menerangkan fungsi restriction enzymes
2. Mahasiswa mampu menyusun outline prosedur cloning gen eukariotik pada plasmid bakteri
3. Mahasiswa mampu membedakan gene cloning, dan cell cloning, dari organismal cloning
4. Mahasiswa mampu mendeskripsikan aplikasi DNA technology dalam mendiagnosis genetic disease, dan perkembangan gene therapy
5. Mahasiswa mampu menerangkan bagaimana linkage mapping, physical mapping, dan DNA sequencing memberikan kontribusi pada Human Genome Project
6. Mahasiswa mampu mendeskripsikan penemuan mengejutkan dari Human Genome Project tentang ukuran human genome
QUIZ ONLINE: INAKTIF (http://quizstar.4teachers.org/)
Mekanisme Teori Evolusi I: Teori Evolusi; Evolusi Populasi
1. Mahasiswa mampu menyusun daftar empat observasi dan dua inferensi Darwin
2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan empat bukti ilmiah yang mendukung terjadinya evolusi
3. Mahasiswa mampu mendeskripsikan teori Lamarck, dan penolakannya
4. Mahasiswa mampu menjelaskan yang dimaksud “descent with modification” oleh Darwin
5. Mahasiswa mampu menerangkan mengapa point mutations sebagian besar tidak berbahaya
6. Mahasiswa mampu mendefinisikan species, gene pool
7. Mahasiswa mampu menyusun daftar kondisi Hardy-Weinberg equilibrium
8. Mahasiswa mampu menerangkan peran populasi kecil dalam genetic drift
9. Mahasiswa mampu membedakan directional, disruptive, dari stabilizing selection
QUIZ ONLINE: INAKTIF (http://quizstar.4teachers.org/)
Mekanisme Teori Evolusi II: Asal Usul Spesies dan Filigeni; Sejarah Kehidupan di Bumi
1. Mahasiswa mampu mendefinisikan konsep spesies
2. Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan memberi contoh prezygotic dan postzygotic reproductive barriers
3. Mahasiswa mampu membedakan dan memberi contoh allopatric dan sympatric speciation
4. Mahasiswa mampu mendeskripsikan kejadian utama dalam sejarah kehidupan di bumi
5. Mahasiswa mampu mendeskripsikan mekanisme evolusi sel eukariotik
6. Mahasiswa mampu membedakan kelompok monophyletic, paraphyletic, dari polyphyletic groups
7. Mahasiswa mampu membedakan shared ancestral dari shared derived characters
QUIZ ONLINE: INAKTIF (http://quizstar.4teachers.org/)
NOTE:
- Ujian Akhir Semester (Materi: Konsep Hereditas II – Mekanisme Teori Evolusi II; 2 soal dalam Bahasa Inggris)
- Anda yang berminat mengerjakan QUIZ ONLINE, silakan Anda meminta Username untuk login dengan menulis NAMA dan NIM Anda di kotak komentar note ini.
SELAMAT BELAJAR KAWAN ! :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar